pse kominfo

Tenang! Begini Cara Buka Blokir PSE Kominfo

Kominfo secara resmi merilis Aplikasi dan website yang diblokir karena belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Dikutip dari detik, ada 8 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang resmi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Terhitung hari ini, Sabtu (30/7/2022) Steam, Yahoo, Dota, hingga Epic Games tidak bisa diakses masyarakat.

“Iya (Steam termasuk yang sudah diblokir-red). Ada delapan PSE,” ujar Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. 8 PSE yang sudah diblokir tersebut, yaitu Yahoo search engine atau mesin carinya, Steam, Dota, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Sebelumnya, Kominfo telah mengirimkan surat kepada PSE yang mengoperasikan Sistem Elektronik (SE) pada tanggal 22 Juli 2022 yang isinya memberitahukan kembali kewajiban PSE untuk segera melakukan pendaftaran dalam jangka waktu 5 hari kerja terhitung sejak 25 Juli 2022.

Pemblokiran tersebut adalah tindak lanjut dari surat itu karena PSE dimaksud belum juga melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat.

Apa itu PSE?

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik , PSE merupakan kepanjangan dari Penyelenggara Sistem Elektronik.

PSE Kominfo adalah setiap Orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/ atau keperluan pihak lain.

2 Jenis PSE

  1. PSE Lingkup Publik adalah penyelenggaraan Sistem Elektronik oleh Instansi Penyelenggara Negara atau institusi yang ditunjuk oleh Instansi Penyelenggara Negara.
  2. PSE Lingkup Privat merupakan penyelenggaraan Sistem Elektronik oleh Orang, Badan Usaha, dan masyarakat.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini selain amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019, diatur pula melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Melalui aturan PSE ini bagi perusahaan yang beroperasi secara digital, seperti memiliki situs maupun aplikasi, yang beroperasi di wilayah Indonesia. Kewajiban pendaftaran ini ditujukan, baik perusahaan asing maupun lokal.

Lalu, bagaimana solusinya untuk membuka aplikasi-aplikasi yang telah diblokir Kominfo ini? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membukanya.

Begini Cara Buka Blokir PSE Kominfo

Cara pertama untuk buka blokir PSE Kominfo adalah dengan menggunakan VPN cloudflare. Untuk menggunakannya berikut langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti:
  1. download: https://cloudflarewarp.com
  2. Pilih OS mu (Windows, macOS, Linux etc)
  3. Install Aplikasi
  4. Set ke 1.1.1.1 only tanpa Warp, ini biar Lokasi mu tetap di deteksi di Indonesia bukan di Luar negeri, ini penting buat yang pake Paypal. Pake paypal kalo lokasi di deteksi beda sama akun daftar bisa kena banned.
  5. Setelah di enable harusnya Normal, tetapi kalo gak bisa buka bisa clear cache browser.
  6. Beberapa provider/kartu yang DNS protectionnya kuat seperti 3 solusinya harus enable 1.1.1.1 with Warp.

Cara Buka Blokir PSE Kominfo dengan Custom DNS Chrome

setting dns chrome

Cara kedua bisa menggunakan DNS dari browser, berikut langkahnya untuk pengguna Chrome.

  • Buka Settings Chrome
  • Pada Menu Privacy and Security, Klik Security
  • Pada bagian bawah, “Use Secure DNS”, Pilih DNS Sesuai Keyakinan masing-masing
  • DONE!!! Kita Bisa Berselancar Tanpa Khawatir Di Ganggu Oleh Kominfo Dengan Internet Positifnya 🤪
  • Bisa Juga di Pakai di Opera, Edge Dan Browser Lainnya.

Demikian beberapa tips dan cara membuka paypal atau platform game yang diblokir Kominfo, semoga bermanfaat.