cara upload file ke blog

Cara Upload File ke Blog Untuk Pemula

Populitasnya blog kini memang telah meningkat pesat. Pasalnya permintaan para pengguna begitu naik dari setiap tahunnya. Makanya banyak pengelola blog yang menyajikan beragam konten. Baik itu berupa submit tulisan saja ataupun berupa file. Lalu bagaimanak cara upload file ke blog?.

Blog yang baik yakni telah memberikan banyak manfaat bagi viewersnya. Sehingga bacaan yang di sajikan dapat memberi wawasan baru bagi pembaca. Selain itu kita sebagai pengelola harus bisa mempertahankan follower. Caranya dengan menyajikan konten yang kerap di butuhkan oleh pembaca.

Pada situasi seperti ini blog menjadi bahan pembelajaran. Sehingga penggunaanya lebih maksimal daripada biasanya. Misalnya pada siswa ataupun mahasiswa yang harus melakukan belajar di rumah. Tentulah mengalami kekurangan bahan materi ketimbang pembelajaran normal. Maka dari itu mereka membutuhkan berbagai blog untuk mencari referensinya.

Jika kita sebagai pengelola blog. Ini menjadi sebuah kesempatan bagus untuk menarik pembaca baru. Inovasi caranya perlu di kembangkan agar menarik perhatian pengunjung. Seperti halnya penyediaan file artikel ataupun materi lainnya. Cara upload file ke blog pun juga tak terlalu sulit.

Namun dewasa ini masih banyak yang belum mengetahui caranya. Banyak yang mengeluhkan caranya sangat rumit. Terutama ketika kita ingin sisipkan sebuah file excel ataupun word. Keluh kesahnya mulai dari kerumitan pada setiap langkahnya. Hingga sama sekali tidak mengerti caranya.

Berkembangnya teknologi dan informasi membuat pengelola berlomba – lomba memberikan kontennya. Pembaca juga bisa mendapatkan inspirasi dari penggunaan blog. Selain itu buat yang belum mengetahuinya. Bahwa blog bisa di jadikan sebagai toko online kita. Makanya perlunya kalian mengetahui cara upload file ke blog.

Cara Upload File ke Blog

Bagi kalian pemula pengelola blog maka perlu mempelajari langkah di bawah. Sehingga cara upload file ke blog bisa kalian gunakan. Beragam file dapat di sajikan dengan mudah. Berikut ini cara melakukannya:

Mempunyai Gmail

Hal pertama yang perlu kita lakukan mempunyai akun gmail. Jika belum mempunyai maka buatlah terlebih dahulu. Caranya dengan mendaftarkan akun di HP ataupun PC. Pilihlah Create New Account. Isilah semua data yang terdaftar.

Dan lanjutkan hingga prosesnya selesai. Tanpa memiliki akun gmail. Maka tidak dapat melakukan penguploadan dalam blog yang kita kelola.

Melakukan Login

Jika telah menyediakan akun gmail untuk mengupload file. Maka segera lakukan login pada website address http://docs.google.com. Saat melakukan login gunakanlah akun gmail yang telah terdaftar tadi. Sebelum melanjutkan pastikanlah telah memasukkan username serta password dengan benar.

Penguploadan

Ketika sudah melakukan login. Temukanlah sebuah menu tab yang bertuliskan upload. Biasanya terletak pada layar atas bagian kiri. Kemudian kalian pilih dan selanjutnya akan tertampil halaman browse. Tekanlah tombolnya browse untuk melakukan pencarian file.

Pilihlah file yang ingin di upload pada blog. Bentuknya file yang akan di upload dapat berbagai jenis. Bisa bentuk word, excel, PDF ataupun powerpoint. Setelah file sudah di tentukan untuk di pilih. Lihatlah pada bagian bawah akan terdapat tombol dan pencet upload file.

Tunggulah hingga filenya terupload. Kecepatannya juga tergantung menyesuaikan internet yang terhubung. Selain itu juga sebesapa besar ukuran dari filenya. Apabila proses mengupload telah selesai. Bukalah bagian My drive kemudian tekan Share.

Copy lah link yang tersedia serta simpanlah pada notepad. Lanjutkan untuk Sign out dari google docs tersebut.

Memposting : Cara Upload File ke Blog

Langkah berikutnya yaitu login pada akun blog. Carilah menu new entry untuk menambahkan postingan. Lalu pilih tab Edithtml dan tempelkan salinan link dari docs tadi. Pastikan juga bahwa linknya sudah benar. Barulah upload filenya dengan cara klik button publish.

Dari cara upload file ke blog di atas menggunakan langkah sederhana. Sehingga ini dapat di praktikkan oleh para pemula. Setiap langkahnya juga tidak rumit dan membingungkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *