cara menginstal VMware

Cara Menginstal VMware Pada PC

PC menjadi sebuah perangkat yang banyak kita temui saat ini. Keberadaannya sudah merambah pada semua lapisan. Agar dapat di gunakan secara maksimal pengguna instal banyak aplikasi. Seperti halnya VMware yang telah digunakan oleh hampir semua kalangan. Bagaimana cara menginstal VMware agar bisa di manfaatkan pada perangkat?.

Apakah sebenarnya itu VMware?. Yakni sebuah program yang sedang di gunakan dalam pembuatan virtual. Mengarahnya pada virtual sistem operasinya perangkat PC ataupun laptop. Makanya bagi yang sudah paham akan mengerti mengapa di gunakan. Sedangkan setiap perangkat juga sudah tersedia sistem operasi lain.

Memang bahwasannya setiap laptop tidak hanya mempunyai 1 sistem operasi. Bahkan bisa lebih dari itu untuk menjalankan PCnya. Hal itu berguna dalam memaksimalkan penggunaan. Namun teruntuk yang belum paham tidak mengerti dengan itu.

Cara menginstal VMware dapat di lakukan pada semua windows. Setiap langkahnya sebenarnya hampir sama. Mungkin hanya terdapat perbedaan yang tidak begitu jauh. Namun sangat cocok jika di aplikasikan dengan Windows 7. Terlebih bagi kalian yang menginginkan belajar Linux tapi takut menginstalnya.

VMware mempunyai keunggulannya sendiri ketimbang lainnya. Apalagi jika di sandingkan dengan dual booting tentulah sangat berbeda. Dimana kita harus melakukan shutdown ketika ingin melakukan pergantian sistem operasinya. Sedangkan VMware dapat mengaktifkan semua sistem operasinya secara bersama – sama. Sehingga memudahkan penggunaan ketika ingin menggantinya.

Cara Menginstal VMware

Jika kalian masih pengguna pemula. Dapat di ketahui bahwa VMware dapat menjalankan lebih dari 1 OS. Seperti halnya kalian menginstal Linux namun juga mneginginkan adanya VMware. Maka sangat mudah untuk di lakukan. Berikut cara menginstal VMware, perhatikan setiap langkahnya :

Menyiapkan dan Mengatur VMware

  • Dalam tahapan pertama, kalian sebagai pengguna harus menginstal sistem operasinya. Cari VMware di berbagai internet lalu unduh dan lakukan penginstalan. Agar bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Jika telah didownload lanjutkan untuk membuka VMware. Dan temukan File pada menu taskbar. Selanjutnya akan membuat sebuah mesin virtual yang baru. Maka pilihlah New Virtual Machine. Di situlah lakukan pemilihan pada Typical dalam jenis konfigurasi. Kemudian lanjut dengan tekan Next.
  • Pada tampilan layar akan muncul opsian Installer disc image file (iso). Maka kalian pilihlah Browse. Gunanya untuk memilih sistem operasi sesuai keinginan. Di sini akan di lakukan instal sistem operasinya windows. Klik Next untuk melanjutkan cara menginstal VMware.
  • Dalam opsinya version memilih other. Berikutnya dengan klik Next. Memasukkan jumlahnya harddisk virtual yang kalian inginkan. Masukkan pada opsian Maximum disk siz Ukuran 25 GB sebenarnya sangat cukup.
  • Perhatikan juga untuk memilih Split virtual disk into multiple files. Alasannya agar pada proses selanjutnya dapat memindahkan. Yakni file mesin virtual bersama dengan menjalankan perangkat lainnya. Selanjutnya tekan Next.

Proses Menginstal

  • Langkah berikutnya ini akan menampilkan pemilihan customize hardware. Sebagai saran dalam memori dan RAM di atur ke 512 MB. Hal ini untuk mencegah terjadinya eror ketika jumlahnya kecil. Lalu berikutnya klik close.
  • Berikutnya tekan finish. Dalam menjalankan mesin virtualnya hanya memilih Power on this virtual machine.
  • Nantinya akan muncul sebuah halaman instalasi. Maka kalian dapat melanjutkan setiap langkah menginstal sistemnya. Cara menginstal VMware akan segera terproses.
  • Tunggulah hingga prosesnya selesai. Maka kalian akan menikmati VMware pada PC.

Itulah tadi serangkaian langkahnya bagi para pemula. Cara menginstal VMware sangat mudah di lakukan. Dilihat dari teorinya, aplikasinya meniru serta membuat sebuah versinya imitasi. Dimana dari perangkat PC yang kalian gunakan.