Cara Instal Linux Debian 7

Cara Instal Linux Debian 7 di VirtualBox, Dijamin Work

Debian adalah sebuah sistem operasinya open source. Basisnya berupa linux yang sudah telah di pakai oleh banyak jaringan. Skalanya mulai dari kecil hingga menengah ke atas. Pengenalan Debian di Indonesia sudah masuk pada lingkup sekolah. Makanya sudah banyak yang mengetahui cara instal Linux Debian 7.

Pasalnya menjadi media pembelajaran bagi siswa SMK. Khususnya pada jurusan Teknik Komputer Jaringan. Namun pada dunia perkuliahan pun juga mempelajarinya. Sehingga hampir semua kalangan sebenarnya sudah mengenalnya.

Akan tetapi bagi pemula yang ingin mempelajarinya. Hal ini masih sangat awam baginya. Untuk itu di bawah ini akan tersedia caranya. Sehingga dapat di praktikkan untuk mendapatakannya.

Cara Instal Linux Debian 7

Langkah – langkah ini akan memudahkan cara instal Linux Debian 7. Berikut penjelasannya:

Persiapan Alat

  • Langkah pertama sebelum memulainya yaitu menyiapkan alat yang akan digunakan. Yakni ISO Linux Debian 7 serta VirtualBox. Kemudian memilih New serta memberikan nama, type serta version OS. Lanjutkan dengan Next.
  • Selanjutnya memasukkan memory size serta pilih Next. Karena akan membuat harddisk sekarang juga. Maka silahkan pilih Create a Virtual hard disk now. Klik Create.

Tahapan Proses Dimulai

  • Pilihlah VDI kemudian lanjut dengan Next. Lalu klik Next lagi pada perintah berikutnya. Barulah membuat harddisknya sesuai keinginan dengan pilih Create.
  • Mengubah Network Adapter 1 terlebih dahulu. Lalu memulainya dengan Start.
  • Memasukkan ISO Debian 7. Tekanlah tombol Start. Lanjutkan dengan  klik Instal. Kemudian memilih English dan tekan Enter.
  • Memilih United States dan klik Enter. Lanjut pilih American English dan Enter lagi.
  • Tunggulah beberapa saat sampai terdapat perintah lagi. Kemudian memasukkan IP Address dan klik Enter. Selanjutnya masukkan Netmask dan tekan Enter. Masukkan Gateway untuk berikutnya pilih Continue ataupun klik Enter.

Memberikan Penamaan

  • Berilah nama pada server addresses dan Enter lagi. Beri nama juga pada Hostname dan tekan Enter.
  • Berikutnya masih dengan pemberian nama. Nama untuk Domain dan tekan Enter. Barulah memasukkan Root Password dan pilih Enter. Memasukkan lagi Password Root guna memverifikasi. Klik Enter.
  • Pemberian nama pada new user dan pilih Enter. Masukkan usernamenya juga dan pilih Enter. Berikanlah Password User kemudian pilih Enter. Memasukkan Password tadi untuk verifikasi dan pilih Enter.
  • Lanjutkan dengan memilih Eastern dan kemudian pilih Enter. Tunggulah hingga muncul perintah untuk ke tahap berikutnya. Karena akan membuat partisi secara otomatis. Maka memilih Guided use entire disk. Lalu klik Enter.
  • Klik Enter lagi pada perintah selanjutnya. Memilih All Files In One Partition. Lalu klik Enter. Memilih Finish dan kemudian klik Enter lagi. Lanjutkan pada tampilan berikutnya untuk pilih Yes dan menekan Enter.

Proses Instalasi : Cara Instal Linux Debian 7

  • Tunggu kembali hingga terdapat perintah ke tahapan selanjutnya. Pada saat ini proses instal sedang berjalan. Jika sudah muncul perintah Tekan No dan klik Enter. Begitupun selanjutnya hingga pada tampilan standar sistem.
  • Tandailah Standard System Utilities. Lanjutkan dengan klik Enter. Kemudian akan melakukan proses instal software serta grub loader. Apabila sudah selesai akan muncul perintah. Pilihlah Yes dan klik Enter.
  • Berikutnya untuk menginstal grup boot loader. Jika sudah lanjutkan dengan Continue dan klik Enter. Kini prosesnya Finishing instalasi telah selesai. Dan cara instal Linux Debian 7 sudah selesai bisa kalian gunakan.

Perhatikan pada setiap langkahnya. Jangan sampai ada yang terlewat. Sehingga cara instal Linux Debian 7 bisa berhasil. Kalian bisa menggunakannya untuk kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *