Cara Instal Debian

Cara Instal Debian Secara Lengkap, Ikuti Panduannya

Debian adalah sebuah sistem operasinya GNU atau Linux. Dimana basic open source dapat di lakukan pengembangan secara terbuka. Namun hanya seputar pada kalangan progammer. Demikian dalam artikel ini akan membahas terkait cara instal Debian. Sehingga bisa di gunakan oleh mereka yang kesulitan menginstal.

Langkah – langkah dalam menginstal dalam VirtualBox sebenarnya cukup mudah. Namun sebelumnya harus menyiapkan beberapa hal untuk menunjang kelancarannya. Persiapannya berupa ISO Linux Debian. Nantinya berguna untuk instal dengan VirtualBox. Barulah kalian dapat share praktisinya dan memulainya dengan menggunakan Debian.

Sebagai seorang programmer tentulah sudah mengetahui apa itu Debian. Selain itu juga paham cara instal Debian. Namun juga perlunya mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Gunanya untuk memperluas wawasan mengenai sebuah distro ini.

Ketika kalian ingin menginstal Debian. Maka terlebih dahulu untuk instal VirtualBox. Ataupun software lain sebagai virtualisasi alternatif yakni VMWare.

Cara Instal Debian

Kemudahan pada cara instal Debian. Hal ini membuat para pengguna mampu mendapatkannya. Kalian bisa memilikinya dengan varian versi. Penginstalannya pun juga terbilang sama semua. Ikuti langkah – langkah untuk memilikinya:

Tahap 1

  • Hal pertama yang perlu di lakukan adalah menyiapkan VirtualBox serta ISO Debian Linuxnya. Berapapun versinya sama saja, karena cara instalnya tidak jauh berbeda..
  • Barulah ke langkah selanjutnya dengan membuka VirtualBox. Kemudian temukan ‘New’ dan pilih. Biasanya terletak di bagian atas sebelah kiri ataupun kanan. Isilah nama dari mesin virtual yang akan di buat. Misalnya “Debian Linux”. Lanjutkan dengan melakukan pengisian pada type OS. Dimana akan di lakukan penginstalan yakni Linux. Lalu isi versinya OS dan tekan tombol next untuk melanjutkan tahapan berikutnya.
  • Buatlah ukuran RAM untuk di gunakan. Pada VirtualBox akan memberikan saran sebesar 1024 MB. Lanjut klik tombol Next. Maka kan mendapatkan tampilan baru. Kegunaannya untuk membuat virtual harddisk pada Debian. Pilihlah “Create a virtual hard disk now”. Lalu tekan Create.
  • Lanjutannya agar memilih VDI atau VirtualBox Disk Image. Lalu menekan tombol Next. Dan akan tertampil pilihan lagi tekan Dynamically allocated. Tekan Next lagi.

Tahap 2 : Cara instal Debian

  • Dalam tahapan berikutnya terdapat perintah mengatur ukuran hard disk. Jika menginginkan yang lebih besar tariklah ujung kanan untuk menyesuaikan.
  • Pilih settings kemudian pergi ke storage > Empty > icon CD. Memilih ISO Debian yang telah di download dan klik OK.
  • Klik tombol Start agar proses instal di mulai.
  • Tekan Instal dan pilih English. Pemilihan lokasi dan waktu langsung Enter. Pengubahan dapat di lakukan ketika instalasi selesai. Memilih American English lanjut Enter.

Tahap 3

  • Ketik namanya hostname bebas lanjut Continue. Memasukkan nama domain sesuai keinginan dan klik Continue.
  • Isikan kata sandi root. Gunakan kata sandi yang gampang di ingat dan tekan Continue. Kemudian pada langkah memasukkan nama lengkap kalian sebagai penggunanya. Ini berbeda dengan root yang di katakan administrator dengan hak akses lengkap. Klik Continue
  • Isikan username, buat seperti nama pengguna saja untuk memudahkan. Lalu Continue. Memasukkan kata sandi pengguna. Boleh seperti root untuk menghindari lupa. Pilih Continue.
  • Memilih waktu default dan tekan Enter. Di tahapan partisi harddisk temukan Guided > use entire disk. Kemudian pilihlah harddisk yang dipartisi baru Enter.

Tahap 4

  • Membagi partisi standar, minimalnya terdapat home, var serta tmp. Tekan Separate / home, /var, and, /tmp partitions. Barulah untuk melanjutkan pada Finish partitioning and write changes to disk.
  • Maka akan muncul tampilan dan klik Yes. Kemudian lanjutkan tekan No pada perintah selanjutnya. Proses ini untuk linux basic CLI. Namun jika ingin menggunakan desktop tinggal memilih Debian desktop environment. Cara menekannya dengan pencet tombolnya spasi. Lalu pilih Continue.
  • Silahkan memilih Yes dalam instalasi Grup boot loader. Lalu pilih nama harddisk dan Enter. Kini prosesnya cara instal Debian telah berhasil. Terakhir tekan Continue.

Itulah cara instal Debian. Walaupun terlihat panjang sebenarnya pada prosesnya sangat mudah. Selamat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *