Apa Itu Client Server

Apa Itu Client Server? Pengertian dan Keuntungannya

Dunia teknologi informasi telah menghadirkan kosa kata baru. Dimana hal itu kurang di mengerti oleh masyarakat awam. Namun kita akan memahaminya jika mau mempelajari. Seperti halnya yang selalu disebut client server.

Sering kali kita dengar dalam obrolan atau perbincangan orang – orang. Namun terkadang juga muncul pada mesin pencarian. Ketika kita sedang berselancar pada browser untuk menemukan materi. Sebenarnya apa itu client server? Perspektif pemahaman yang mudah ini adalah konsepnya perangkat lunak.

Agar mengetahui lebih dalamnya. Simak penjelasan di bawah ini tentang pengertian client server:

Pengertian : Apa Itu Client Server?

Sebutan client server yakni sebuah konsep arsitektur dalam software. Dimana akan terhubung antara 2 bagian, sistemnya client serta server. Keduanya mengkomunikasikan melewati jaringan satu komputer yang sama. Di dalamnya server sudah tersedia pengelolaan aplikasi. Juga terdapat data serta privacy datanya dari client.

Client server mempunyai kegunaan dalam pertukaran mengakses web. Perannya menjadi program web browser dimana akan menginformasikan kepada pengguna. Sebenarnya sistemnya sama seperti pengaksesan email. Databasenya tersimpan selalu berhubungan bersama jaringannya browser.

Aplikasinya client server butuh laman dari web. Selain itu membutuhkan IP address didalam servernya secara khusus. Nantinya client bisa minta informasi kepada server semau dia. Seperti ketika kita melakukan search engine dalam mencari sebuah informasi. Bisa di lakukan kapan pun sesuka hati.

Prosesnya komunikasi sellau berlangsung secara dua arah. Sehingga ketika pencarian informasi yang di tuju adalah servernya. Perlu di pahami bahwa client tidak dapat berkomunikasi antar client.

Fungsi

Setelah mengetahui apa itu client server. Maka penting untuk mengetahui fungsi darinya. Secara umum instrumen yang diberikan merupakan dasar dalam menghemat bandwith. Selain itu juga penghematan kinerja dalam penyimpanan keseluruhan data. Softwarenya client langsung mendapat informasinya yang diinginkan user.

Sekaranh enkripsinya bisa di akses. Sehingga pengguna bisa lebih mudah dalam memperoleh data lebih aman. Fungsinya real terlihat yaitu kemampuan dalam membuat bisnis. Lokasinya berada di laman web yang sudah dikelola sebelumnya. Nantinya bisa share produk ataupun jasa dengan cepat kedunia. Sebenarnya amat mudah mengenal apa itu client server.

Keuntungan

Sekarang sudah paham kan apa itu client server. Mari kita ketahui keuntungan yang diperoleh user:

  1. Tempat menyimpan data be Menggunakan arsitektur dapat melakukan penyimpanan. Selain itu dapat melakukan akses database besar.
  2. Peningkatan kenaikan kinerja. Penggunaan konsep yang tepat terhadap pengguna mampu tingkatkan kenaikan kinerjanya. Hal itu dalam mengakses data dalam bentuk informasi. Kinerjanya sangat cepat karena keseluruhan data tersimpan dalam satu server. Dimana kegunaannya bisa multitasking.
  3. Pemanfaatan biaya hardware sangat kecil. Ini menjadi sebuah penghematan yang luar biasa. User tak lagi mengeluarkan biaya lebih guna beli hard drive lagi. Sebab sudah tersedia client server sebagai alat simpan keseluruhan data.
  4. Pengurangan biaya komunikasi. Dalam sesama pengguna yang ingin melakukan komunikasi. Maka bisa di lakukan tanpa terdapat biaya tambahan lagi. Sehingga penghematannya bisa lebih banyak.
  5. Konsepnya database mampu memberikan peningkatan dalam konsistensi data. Sebab hanya dengan satu data saja sudah bisa di akses oleh jutaan user. Menariknya bisa di lakukan secara bersamaan.
  6. Penyimpanan server. Dalam servernya membutuhkan sebuah ruang penyimpanan begitu besar. Sehingga akan menghasilkan performa baik serta mampu memberi kekuatan. Terlebih ketika user melakukan pengaksesan data.

Mudah sekali sebenarnya untuk mengenal apa itu client server. Intinya merupakan konsep dari sebuah software. Selain itu penggunaanya mempunyai fungsi dan keuntungan. Hal itu bisa di manfaatkan pengguna untuk memaksimalkan pencarian informasi.