Sejarah Komputer, Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenis Komputer

Sejarah Komputer

Komputer saat ini peralatan wajib untuk mendukung pekerjaan. Bagaimana dengan sejarah perkebangannya? Apakah Anda mengetahui sejarah komputer? Artikel berikut ini akan mengulas tentang sejarah komputer, pengertian komputer, fungsi komputer, komponen komputer serta jenis-jenis komputer.

Sejarah Komputer

sejarah-komputer

Komputer semakin lama semakin berkembang. Dulu komputer dibedakan berdasarkan pemakaiannya, yaitu komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Untuk masa sekarang ini komputer bahkan bisa diklasifikasikan berdasarkan ukurannya. Mulai dari yang kecil seperti komputer mini dan komputer mikro, smartphone juga tergolong dalam jenis ini. Kemudian ada PC atau komputer personal dan juga laptop. Sedangkan yang berukuran besar adalah komputer super.

Setelah itu muncul komputer analog yang pertama kali ditemukan oleh Sir William Thomson pada tahun 1872. Beberapa pihak melakukan penyempurnaan terhadap komputer analog sehingga mencapai puncaknya pada tahun 1927. Sejumlah perangkat telah dibuat pada masa itu sampai akhirnya komputer analog menjadi usang dan mulai ditinggalkan. Tepatnya pada tahun 1950-an saat komputer digital mulai menggantikan kesuksesan komputer analog sebelumnya. Tetapi beberapa aplikasi tertentu masih memakai komputer analog, contohnya aplikasi pendidikan dan pesawat terbang.

Komputer digital awalnya berupa komputer analog yang menggunakan elektromekanik, muncul sekitar tahun 1939. Pengembangan terus dilakukan dan pada tahun 1941 akhirnya tercipta komputer digital yang pertama. Mesin yang dibuat saat itu cukup mirip dengan komputer modern. Penggunaan sistem biner membuat mesin itu lebih mudah dibangun dan lebih tangguh. Setelah itu beragam komputer digital lainnya mulai bermunculan dan menggeser komputer analog yang dianggap sudah usang.

Prinsip komputer modern diajukan oleh Alan Turing pada tahun 1936. Turing menawarkan sebuah mesin sederhana yang terbukti mampu menangani berbagai macam penghitungan dengan cara menjalankan perintah atau program yang disimpan di dalam pita. Konsep dasar dari mesin Turing adalah penyimpanan program, dimana segala instruksi dari proses penghitungan disimpan dalam sebuah memori. Meski memiliki kelemahan dalam memori yang terbatas, namun konsep inilah yang dipakai untuk mengembangkan berbagai komputer modern berikutnya.

Sejarah Komputer Singkat

sejarah-komputer-singkat

Secara umum, komputer dapat diklasifikasikan menjadi tiga generasi. Generasi pertama menggunakan tabung elektron sebagai prosesornya. Komputer pada generasi ini hanya bisa menjalankan sebuah tugas dan tidak memiliki sistem operasi. Generasi kedua memakai transistor sebagai pengganti tabung, komputer pada generasi ini sudah memiliki sistem operasi dan memori. Media penyimpanan menggunakan pita dan disk, serta printer sebagai alat outputnya.

Generasi ketiga adalah yang berlaku sampai sekarang, menggunakan IC sebagai pengganti transistor dan dengan ukuran komputer yang makin kecil. Komputer pada generasi ini jauh lebih tangguh dan bisa menjalankan lebih dari satu sistem operasi.

Jauh sebelum komputer masuk ke Indonesia, negara-negara barat sudah lebih dulu mengenalnya. Awalnya komputer digunakan sebagai alat hitung atau untuk hal-hal yang berhubungan dengan aritmatika. Bentuk komputer pada awalnya juga tidak secanggih seperti yang ada sekarang. Anda cukup penasaran bukan dengan sejarah awal teknologi komputer? Di bawah ini akan dirangkum sejarah komputer serta perkembangannya yang dibagi dalam 5 generasi. Berikut informasinya untuk Anda.

Penemu Komputer Pertama

penemu-komputer-pertama

Sebelum melangkah ke sejarah perkembangan komputer Anda juga harus tahu siapa penemu komputer pertama kali. Ialah Charles Babbage, seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Pada mulanya ia menemui beberapa masalah dalam perhitungan menggunakan tabel matematika. Hal ini membuatnya berinovasi untuk menciptakan alat yang bisa meminimalisir kesalahan dalam proses hitung. Pada akhirnya ia berhasil menciptakan mesin penghitung yang dinamai Difference Engine pertama. Mesin inilah yang pada masanya dulu menjadi cikal bakal terciptanya komputer.

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Kelima

Perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi yang dimulai sejak tahun 1941. Informasi lengkapnya akan dirangkum pada artikel di bawah ini.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

komputer-generasi-pertama

Dimulai tahun 1941 sampai dengan tahun 1959. Pada perang dunia II komputer mulai dikembangkan oleh negara-negara yang terkait untuk kebutuhan perang. Jerman adalah negara pelopor yang berpengaruh dalam perkembangan komputer tersebut. Melalui salah satu insinyurnya yang bernama Conrad Zuse, pada tahun 1941 Jerman berhasil menciptakan sebuah komputer bernama Z3 yang berfungsi untuk merancang pesawat terbang dan peluru kendali. Tidak ingin kalah dengan rivalnya, sekutu Inggris pada tahun 1943 juga berhasil membuat komputer yang dibuat khusus untuk bisa memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman, Komputer ini diberi nama Colossus.

Baru kemudian pada tahun 1946, seorang ilmuwan Amerika Serikat berhasil membuat komputer yang bisa digunakan untuk semua hal serbaguna yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini merupakan komputer yang besar dan memakan banyak tempat karena terdiri dari 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor, 10 ribu kapasitor, 75 ribu saklar dan 5 juta titik solder yang beratnya mencapai 30 ton. Komputer ENIAC inilah yang disebut sebagai komputer generasi pertama.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

komputer-generasi-kedua

Dimulai tahun 1959 sampai dengan tahun 1965. Komputer pada tahun 1960-an dikembangkan dengan transistor yang memiliki daya listrik dan ukuran lebih kecil. Bahasa mesin pada komputer juga menggunakan bahasa assembly. Komputer transistor ini mulai dipakai pada lembaga-lembaga pemerintahan dan universitas untuk tujuan ilmiah. Kemampuan dari komputer ini juga dinilai lebih cepat dan dapat melakukan pembagian informasi secara real time. Komputer pada generasi kedua ini cukup laris di pasaran walaupun harganya tergolong mahal. Selanjutnya komputer pada generasi kedua dipakai di dunia industri dan kesehatan karena handal dalam hal mencetak data, menghitung gaji dan mendesain produk.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

komputer-generasi-ketiga

Dimulai tahun 1965 sampai dengan tahun 1971. Komputer generasi kedua yang menggunakan transistor memang telah membuat ukurannya menjadi kecil dan memiliki daya yang lebih hemat. Sayangnya komputer ini menghasilkan panas yang besar saat dipakai yang beresiko merusak bagian komputer yang lain. Hingga akhirnya pada tahun 1958 ada ilmuwan dari Amerika Serikat yang bernama Jack Kilby yang berhasil menemukan solusi dari masalah transistor tersebut. Yaitu dengan memanfaatkan sirkuit integrasi (Integrated Circuit/IC) yang dikombinasikan dengan tiga komponen elektronik dalam piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Selanjutnya para ilmuwan berhasil membuat terobosan satu chip tunggal yang isinya mewakili banyak komponen sehingga membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil. Kelebihan dari komputer generasi ini adalah sudah dipakainya sistem operasi (operating system) yang dapat menjalankan banyak program yang berbeda secara bersamaan . Komputer generasi ketiga ini meliputi IBM 30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

komputer-generasi-keempat

Generasi keempat dimulai tahun 1971 sampai dengan tahun 1980. Pada generasi keempat, banyak perusahaan-perusahaan yang berhasil bermanuver dengan menggunakan chip tunggal yang menampung ribuan komponen komputer dengan menggunakan teknologi LSI (Large Scale Integration). Selanjutnya chip ini bertransformasi menjadi VLSI atau Very LSI yaitu chip yang berisi ratusan ribu IC yang pada akhirnya tercipta komputer mikro. Pada tahun 1970 perusahaan Intel mengenalkan mikrokomputer 4 bit. Komputer pada generasi keempat ini memakai chip yang berisi 230 transistor yang menjalankan 60 ribu operasi dalam hitungan detik. Lalu pada tahun 1972 munculah mikrokomputer 8 bit yang juga merupakan rancangan Intel. Ciri khas dari komputer di generasi keempat adalah mulai digunakannya green colour dan pemakaian Microsoft Basic untuk bahasa pemrogramannya serta CPM untuk sistem kontrol operasinya.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

komputer-generasi-kelima

Generasai saat ini sampai yang akan datang. Komputer pada generasi kelima sudah mulai menggunakan standar PC. Perusahaan yang dianggap ahlinya dalam pengembangan komputer ini adalah Intel dan Microsoft. Bahkan Microsoft resmi menjadi standar internasional untuk software dan hardware komputer. Generasi kelima ini juga sering disebut generasi pentium karena penggunaannya sebagai salah satu mikroprosesor yang dianggap paling canggih. Komputer pada generasi ini juga mempunyai jutaan warna dengan resolusi yang sangat tajam. Selain itu pada masa ini mulai berkembang komputer bergerak seperti laptop. Selanjutnya saat ini masih dilakukan tahap untuk merealisasikan komputer generasi masa depan yang dilengkapi dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Tujuannya adalah untuk bisa mewujudkan suatu perangkat komputer yang mampu melakukan komunikasi dengan manusia, mampu menggunakan input visual dan belajar dari pengalaman pribadi.

Komputer yang pada awalnya berbentuk tabung vakum besar kini sudah berubah menjadi perangkat kecil yang bahkan bisa dibawa kemana-mana. Tidak bisa dipungkiri memang teknologi akan membuat Anda untuk terus berinovasi.

Pengertian Komputer

pengertian komputer

Pemberian nama komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya adalah alat hitung. Kenapa bisa demikian? Karena pada mulanya komputer ini diciptakan sebagai perangkat yang mengolah serta menghitung angka-angka. Dikutip dari pengertian komputer menurut salah satu ahli yaitu Donald H. Sanders, komputer diartikan sebuah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima, menyimpan dan memproses data input yang selanjutnya akan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanan. Atau jika didefinisikan dengan kata lain komputer ini adalah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yaitu monitor, CPU, keyboard, mouse dan juga printer yang semuanya saling bekerja sama menghasilkan informasi sesuai data dan program yang ada.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti komputer, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

  1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

  1. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

  1. Wiliam M. Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

  1. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

Fungsi Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer sangat beragam, tergantung pada para penggunanya. Mengacu pada pengertian komputer di atas, berikut adalah fungsi utamanya:

  1. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

  1. Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Umumnya, data yang diolah di dalam komputer adalah berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

  1. Data Output

Fungsi komputer berikutnya adalah untuk menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

  1. Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

  1. Data Movement

Fungsi lain dari komputer adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya, komponen di dalam komputer dapat dibedakan dalam tiga kelompok, yaitu Input, Process, dan Output.

Komponen Input

Komponen ini merupakan komponen hardware yang memiliki fungsi sebagai pemberi perintah berbagai tugas yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input tersebut diantaranya;

Keyboard, memberikan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.

Mouse dan Trackpad, alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.

Pen (untuk layar sentuh), fungsinya mirip seperti mouse namun bentuk nya seperti pena.

Scanner, alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.

Microphone, alat untuk input data dalam bentuk audio.

Komponen Proses

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada komponen output.

Beberapa komponen proses diantaranya adalah:

Processor, yaitu komponen utama dalam proses mengolah data.

Motherboard, yaitu komponen penghubung berbagai komponen lainnya dalam komputer.

Hard Disk, yaitu komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, misalnya sistem operasi komputer.

RAM, yaitu memori untuk menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara.

Komponen Output

Ini adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah diproses oleh komputer.

Beberapa komponen output diantaranya adalah:

Monitor, komponen komputer yang dapat menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.

Printer, komponen yang dapat mencetak informasi ke dalam bentuk hard copy.

Speaker, komponen yang dapat menghasilkan output berupa audio atau suara.

Jenis Jenis Komputer

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi tujuh jenis komputer. Adapaun jenis-jenis komputer adalah sebagai berikut:

Komputer Portabel

Ini adalah jenis komputer yang mudah dibawa kemana saja, dimana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapanan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

Komputer Desktop

Sesuai dengan namanya, ini adalah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

Komputer Palmtop

Ini adalah komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sudah sangat jarang digunakan sejak ditemukannya Smartphone.

Komputer Tower

Ini adalah komputer yang bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer ini dapat ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

Komputer Notebook

Ini adalah jenis laptop namun dengan ukuran yang lebih tipis. Umumnya banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.

Handbook (Sub-notebook)

Ini adalah jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Umumnya handbook memiliki processor dengan spesifikasi yang rendah.

Komputer Laptop

Ini adalah jenis komputer yang dapat diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah komputer, pengertian komputer, fungsi, komponen, serta jenis-jenis komputer. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.